SELAMAT BERGABUNG DI MUSLIM CENTER. KAMI AKAN MENYEDIAKAN BERITA DAN KONTEN ISLAMI TERUPDATE SETIAP MINGGUNYA

Hukum Memegang Alquran Android Tanpa Wudhu

Posted by MITRA CHANNEL  |  at  Mei 30, 2018

Hukum Memegang Alquran Android Tanpa Wudhu



Dalam kitab Safinatun Najah disebutkan bahwa di antara perkara yang mewajibkan wudhu adalah memegang dan membawa mushaf. Ketika kita tidak dalam keadaan memiliki wudhu, maka haram hukumnya memegang maupun membawa mushaf.

Yang dimaksud mushaf di sini adalah benda, baik kertas atau lainnya, yang di dalamnya terdapat tulisan huruf-huruf Alquran.

Dalam kitab Nihayatuz Zain, Imam Nawawi Al-Jawi lebih jelas mendefinisikan mushaf ini sebagai berikut;

والمراد بالمصحف كل ما كتب في شيء من القرآن بقصد الدراسة كلوح أو عمودا او جدار كتب عليه شيء من القرآن للداسة

“Adapun yang dimaksud mushaf adalah semua benda yang huruf-huruf Alquran ditulis di atasnya untuk tujuan belajar, seperti papan, tiang dan tembok yang ada tulisan huruf-huruf Alquran untuk tujuan belajar.”

Lantas apakah Alquran yang terdapat dalam Android, PC dan sejenisnya bisa dikatakan mushaf yang haram disentuh ketika tidak memiliki wudhu?

Berdasarkan keterangan dari kitab Nihayatuz Zain di atas, suatu benda bisa dikatakan mushaf apabila huruf-huruf Alquran ditulis di atasnya dan tulisan tersebut harus bersifat tetap.

Sedangkan Alquran yang terdapat dalam Android adalah pancaran sinar tulisan Alquran atau gambar tulisan Alquran yang keadaannya tidak tetap, kadang nampak dan kadang hilang.

Dengan demikian, aplikasi Alquran yang terdapat dalam  Android tidak dikatakan mushaf karena hanya berupa gambar tulisan Alquran, bukan tulisan Alquran itu sendiri.

BACA JUGA:

Kewajiban Suami terhadap Istri

30 Mei 2018

Oleh karena itu, kita boleh memegang dan membaca Alquran yang terdapat dalam Android dan sejenisnya meskipun tidak memiliki wudhu. Dalam kitab Hasyiyah Albujairimi Alal Khatib disebutkan;

فلو رسم صورتها في هواء أو ماء فليس كتابة في المذهب كما قاله الزيادي

“Apabila menulis gambar Alquran di udara atau air, maka tidak disebut tulisan (mushaf) dalam pendapat mazhab sebagaimana dikatakan Imam Azziyadi.”

Meski demikian, alangkah lebih baik jika memegang dan membaca Alquran dari aplikasi Android memiliki wudhu. Wudhu ketika memegang dan membaca Alquran dari aplikasi Android dan sejenisnya tidak wajib, namun sebagai bentuk kesempurnaan sebaiknya memiliki wudhu.

Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Kalender 2019

Kalender 2019
Perfect World Online Spear Thingy

Masehi HijriyahPerhitungan pada sistem konversi Masehi – Hijriah ini memungkinkan terjadi selisih H-1 atau H+1 dari tanggal seharusnya untuk tanggal Hijriyah

SELAMAT BERGABUNG DI MUSLIM CENTER SMKN 2 TEBING TINGGI.AYO SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK MENGAJI, DIJAMIN LANGSUNG LANCAR MEMBACA AL QUR'AN AYO BACA CERITA MENARIK HANYA DI BLOG INI SETIAP HARI KAMIS DAN SABTU PUKUL 19.00 WIB .
Islam Ornamental Art 2
SELAMAT DATANG DI BLOG MUSLIM CENTER. SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT UNTUK ANDA DAN DAPATKAN SELURUH INFORMASI DISINI
AYO LIKE AND SUBSCRIBE DAKWAH STOP MOTION,TAQWA MEDIA DAN MUSLIM CENTER SMK 2 DI YOUTUBE KESAYANGAN ANDA.

back to top