SELAMAT BERGABUNG DI MUSLIM CENTER. KAMI AKAN MENYEDIAKAN BERITA DAN KONTEN ISLAMI TERUPDATE SETIAP MINGGUNYA

Macam Macam Zina Dan Hukumnya Dalam Islam

Posted by MITRA CHANNEL  |  at  Mei 07, 2019


Assalamu'alaikum warahmatullah hiwabarakatuh


لْحَمْدُ ِللهِ   لإِمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ
Teman-teman yang saya cintai,  hamba Allah  yang insyaallah dimuliakan oleh Allah SWT marilah  kita mengucapkan syukur atas kehadirat Allah SWT  karena berkat dan rahmad-Nya lah kita bisa berkumpul di tempat ini yang insyaallah juga di mulaikan oleh Allah SWT.
Dan  semoga Salawat serta salam selalu tercurahkan  kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW serta para sahabat-sahabatnya.
Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan ilmu dan pengetehuan saya tentang “Macam-Macam Zina dan Hukumnya di Dalam Islam”
Saat kita mendengar kata zina  hal pertama yang pasti  terpikirkan oleh kita adalah perbuatan seksual yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan yang belum terikat oleh ikatan pernikahan. Namun sebenarnya yang dimaksud dengan zina adalah segala perbuatan yang kita lakukan dan mengandung unsur zina.
Kalau begitu  perbuatan apa saja yang masuk kedalam macam-macam zina?  Sebuah hadits dari Abu Hurairah r.a bahwa Rasullullah SAW telah bersabda yang artinya:
“kedua mata itu bisa melakukan zina, kedua tangan itu(bisa) melakukan zina, kedua kaki itu(bisa) melakukan zina. Dan kesemuanya itu akan dibenarkan atau diingkari oleh alat kelamin”.(Hadis sahih diriwatkan oleh Imam Bukhari dan Ibnu Muslim dari Ibnu Abbas dan Abu Hurairah). Dan
“Setiap bani Adam mempunyai bagian dari zina, maka kedua matapun berzina,dan zinanya adalah melalui penglihatan, dan kedua tangan berzina, zinanya adalah menyentuh. Kedua kaki berzina, zinanya adalah melangkah-menuju perzinahan. Mulut berzina, zinanya adalah mencium.hati dengan keinginan dan berangat-angan. Dan kemaluannya lah yang membenarkan atau menggagalkannya.” (Hadis riwayah Bukhari)
Dari hadits- hadits diatas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa jenis zina yaitu:
1.      Zina Mata
2.      Zina Tangan
3.      Zina kaki
4.      Zina mulut
5.      Zina hati

a)      Zina Mata

Adalah zina yang dilakukan saat muslim/muslimah memandang lawan jenisnya, menatap matanya dan berlama-lama bertatapan dengannya.

b)     Zina Tangan

Adalah zina yang dilakukan oleh dua orang yang bergandengan tangan dengan yang bukan mahramnya.

c)      Zina kaki

Yaitu zina yang terjadi saat salah seorang muslim/muslimah melangkahkan kakinya menuju perzinahan.

d)     Zina Mulut

zina ini tidak hanya saat muslimin/muslimah berciuman dengan yang bukan mahramnya tapi  juga saat seorang muslimin/muslimah membicarakan lawan jenisnya.

e)      Zina Hati

Hampir sama dengan pikiran, yaitu saat muslim/muslihan berangan-angan atau memikirkan tentang lawang jenisnya.
Memang, kelima zina ini termaksud macam-macam zina kecil namun, jangan peranah menyepelekan hal-hal kecil karena dari hal kecil akan berangkan menuju hal yang besar. Ya, macam-macam zina kecil inilah yang akan memberangkatkan kita menuju zina yang besar. Nauzibillahimindzalik.
Pada hari yg mendekati akhir zaman ini banyak sekali kasus yang berkaitan dengan perzinahan. uniknya para pelaku zina kebanyakannya adalah anak-anak remaja, mereka beranggapan bahwa hal-hal ini sudah menjadi hal yang krusial atau sudah biasa.''Ah, sudah biasa. Lagian tidak akan terjadi apa-apa kok kan Cuma liat-liatan dan  pegangan tangan doang'' sudah bisa diprediksi, pasti jawaban yang akan diberikan kebanyakan remaja sekarang adalah seperti ini.
Padahal mereka tau  bahwa Allah sangat membenci orang-orang yang mendekati zina, apalagi sampai melakukannya. Dijelaskan dalam QS Al-Isra' ayat 32
وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلً
artinya:
“Dan janganlah kamu mendekati zina, sesungguhnya zina itu adalah berbuatan yang keji dan jalan yang buruk. ”(QS Al-Isra' ayat 32)
Dalam surah ini dipaparkan  dengan jelas bahwa Allah SWT sangatlah  membenci orang-orang yang mendekati zina, karena zina adalah suatu perbuatan yang keji dan jalan yang buruk. Maka dari itu janganlah kita berani-berani mendekati zina apa lagi sampai melakukannya.
Didalam islam disebutkan bahwa zina adalah suatu dosa yang besar dan Semua umat islam percaya, meyakini dan sepakat bahwa semua kegiatan yang mendekati zina adalah  suatu perbuatan yang buruk. Allah berfirman:
وَالَّذِينَ لَا يَدْعُونَ مَعَ اللَّهِ إِلَهًا آَخَرَ وَلَا يَقْتُلُونَ النَّفْسَ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَلَا يَزْنُونَ وَمَنْ يَفْعَلْ ذَلِكَ يَلْقَ أَثَامًا
artinya:
“Dan orang-orang yang tidah menyembah Tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan(alasan)yang benar dan tidak berzina” (Al-Furqan 68)
Nah, dari surah ini jelas sekali bahwa zina adalah dosa besar urutan ketiga setelah musyrik dan membunuh. Dan Imam Al-Qurthubi mengmentari“Ayat ini menjelaskan bahwa tidak ada dosa yang lebih besar setelah kufur selain membunuh tanpa alasan yang dibenarkan dan zina.
Jadi, wahai para remaja jangan sampai kita mendekatkan diri kepada perbuatan zina karena itu adalah dosa yang besar, kita tidak mau kan di benci oleh Allah SWT?? apa lagi sampai masuk neraka. Nauzubillahimindzalik!
Lantas apa yang harus kita lakukan untuk menghindari hal-hal tersebut? tenang saja, saat ada masalah pastilah ada solusi yang mengiringinya. Karena Allah itu tidak akan membiarkan hambanya menghadapi masalah tanpa memberikan solusinya. Ya, banyak sekali hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari hal-hal tersebut. Yaitu:
  • Mendekatkan diri kepada Allah SWT
  • Membaca Al-Quraan dan mengkaji atau memahami maknanya dengan baik
  • Menghindari tempat-tempat maksiat yang dapat menjerumuskan kita kepada perbuatan-perbuatan zina
  • Berteman denga orang-orang soleh, karena merekalah yang akan mengingatkan kita akan bahaya-bahaya berzina
  • Membaca buku-buku tentang keislaman, karena saat kita tahu banyak dan mengerti tentang islam insyallah kita tidak akan mudah terpengaruh dengan hal-hal yang bisa menjerumuskan kita kepada hal-hal yang bertentangan dengan ajaran islam
  • Menambah ilmu pengetahuan dengan menghadiri kemajelis-majelis taklim dan kegiatan keagamaan lainnya agar kita menjadi lebih dekat kepada Allah SWT dan mengerti lebih jauh tentang apa saja yang boleh dan tidak boleh di dalam islam.
Jadi, wahai kaum muslimin dan muslimah, teman-teman, ikhwat dan akhwat yang insyaallah dimuliakan oleh Allah SWT marilah kita sebagai kaum muda penerus bangsa menjunjung tinggi ilmu agama dan mejauhkan diri dari hal-hal yang dapat menjerumuskan kita kepada perbuatan dosa khusunya zina, kiranya jangan sekalipun kita mendekatinya apalagi sampai melakukannya, ingatlah bahwa Allah sangat membenci orang-orang yang mendekati zina. Maka jadilah orang yang dicintai oleh Allah SWT bukan orang yang dibenci oleh Allah SWT.
Dan saya menghimbau kepada teman-teman  yang masih sering khilaf dan yang tanpa sadar melakukan perbuatan yang menjurus kepada perbuatan zina ayo kita insaf dan mendekatkan diri kepada Allah SWT! dan yang sampai sekarang yang Alhamdulillah masih kuat imannya dan belum pernah mendekati zina. Jangan! Jangan pernah sakali-sekali kamu mendekatinya teruslah memantapkan iman dan ketakwaanmu kepada Allah SWT. karena iman dan ketakwaanmu lah yang akan menyelamatkan mu dari panasnya api neraka. Semoga kita selalu di dalam lindungan-Nya, amin.
Wassaalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sumber : kompasiana.com

Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Kalender 2019

Kalender 2019
Perfect World Online Spear Thingy

Masehi HijriyahPerhitungan pada sistem konversi Masehi – Hijriah ini memungkinkan terjadi selisih H-1 atau H+1 dari tanggal seharusnya untuk tanggal Hijriyah

SELAMAT BERGABUNG DI MUSLIM CENTER SMKN 2 TEBING TINGGI.AYO SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK MENGAJI, DIJAMIN LANGSUNG LANCAR MEMBACA AL QUR'AN AYO BACA CERITA MENARIK HANYA DI BLOG INI SETIAP HARI KAMIS DAN SABTU PUKUL 19.00 WIB .
Islam Ornamental Art 2
SELAMAT DATANG DI BLOG MUSLIM CENTER. SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT UNTUK ANDA DAN DAPATKAN SELURUH INFORMASI DISINI
AYO LIKE AND SUBSCRIBE DAKWAH STOP MOTION,TAQWA MEDIA DAN MUSLIM CENTER SMK 2 DI YOUTUBE KESAYANGAN ANDA.

back to top