SELAMAT BERGABUNG DI MUSLIM CENTER. KAMI AKAN MENYEDIAKAN BERITA DAN KONTEN ISLAMI TERUPDATE SETIAP MINGGUNYA

CAHAYA ISLAM

Posted by MITRA CHANNEL  |  at  Februari 19, 2018

1⃣2⃣AMALAN YG MENGGUGURKAN SYAHADAT

1⃣TATHAYYUR
Tathayyur adalah suatu anggapan celaka atau sial dengan sebab waktu, tempat, angka, atau sesuatu yang dilihat, didengar, atau diketahui (Al-Qaulud Mufid). Banyak saudara kita jika hendak membangun rumah harus menghadap arah arah dan waktu tertentu, dikasih sesajen aneka rupa, dengan keyakinan akan mendatangkan keberuntungan dan menjauhkan kesialan. Begitu juga ketika hendak bepergian jauh, memulai berdagang, atau melangsungkan acara-acara semisal pernikahan. Perbuatan-perbuatan tersebut adalah bentuk peninggalan kaum jahiliyah, yang diperangi oleh Rasulullah ﷺ. 
Beliau bersabda: “Thiyyarah itu syirik, thiyyarah itu syirik, thiyyarah itu syirik.” (HR. Abu Dawud no. 3910, lihat Al-Qaulul Mufid).

2⃣TAMIMAH
Tamimah merupakan suatu perbuatan untuk menolak bencana atau musibah, berupa benda-benda yang digantungkan di rumah, toko, mobil, atau dibuat kalung atau gelang untuk dipakai dengan niat  sebagai penolak bala. Imron bin Husain Radhiallahu’anhu menuturkan bahwa Rasulullah  ﷺ melihat seorang laki-laki memakai gelang yang terbuat dari kuningan, kemudian beliau bertanya : "Apakah itu ?”, orang laki-laki itu menjawab: “Gelang penangkal penyakit”, lalu Nabi bersabda : “Lepaskan gelang itu, karena sesungguhnya ia tidak akan menambah kecuali kelemahan pada dirimu, dan jika kamu mati sedangkan gelang ini masih ada pada tubuhmu maka kamu tidak akan beruntung selama lamanya.” (HR. Ahmad dengan sanad yang bisa diterima)

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad pula dari Uqbah bin Amir, dalam hadits yang marfu’, Rasulullahﷺ bersabda : “Barang siapa yang menggantungkan tamimah maka Allah tidak akan mengabulkan keinginannya, dan barang siapa yang menggantungkan Wada’ah maka Allah tidak akan memberikan ketenangan kepadanya”, dan dalam riwayat yang lain Rasul bersabda: “Barang siapa yang menggantungkan tamimah maka ia telah berbuat kemusyrikan”.

3⃣TIWALAH
Tiwalah dikenal dengan istilah pengasihan, ia adalah sesuatu guna-guna yang dibuat agar suami / lelaki mencintai istri atau pasangannya. Demikian juga sebaliknya. Adapun perkara cincin yang dipakai oleh sepasang suami istri, dengan keyakinan bahwa selama cincin emas tersebut dipakai maka pernikahannya akan tetap harmonis, adalah merupakan perbuatan yang akan meruntuhkan aqidah seorang muslim, karena tidak ada yang bisa membolak-balikkan hati manusia kecuali Allah Ta’ala saja. Firman Allah Subhanahu wata’ala :
“Katakanlah (hai Muhammad kepada orang-orang musyrik) : terangkanlah kepadaku tentang apa yang kamu seru selain Allah, jika Allah hendak mendatangkan kemudharotan kepadaku, apakah berhala-berhala (benda) itu dapat
 menghilangkan kemudharotan itu ?, atau jika Allah menghendaki untuk melimpahkan suatu rahmat kepadaku apakah mereka mampu menahan rahmatNya ?, katakanlah : cukuplah Allah bagiku, hanya kepadaNyalah orang orang yang berserah diri bertawakkal.” (QS. Az zumar, 38)

4⃣JAMPI-JAMPI / MANTRA
Jampi atau mantra yang terlarang adalah yang mengandung bacaan-bacaan syirik, yaitu ada unsur permintaan kepada Jin.
Rasulullah  ﷺpernah bersabda: "Sesungguhnya, jampi-jampi, tamimah, dan tiwalah adalah syirik.” (HR. Ahmad, Abu Dawud)
Adapun ruqyah yang dibenarkan oleh syariat adalah yang memenuhi 3 syarat, sebagai berikut: 
👉🏻Bacaannya dari Al-Qur’an, As-Sunnah, dan doa-doa yang baik.
👉🏻Menggunakan bahasa Arab dan dimengerti makna dan artinya.
👉🏻Diyakini hanya semata-mata sebagai sarana, tidak bisa berpengaruh selain dengan Kuasa-Nya. 

5⃣PERDUKUNAN
Di zaman yang serba canggih ini, yang namanya perdukunan tetap laris manis, apalagi dikemas dengan rapi dan istilah-istilah yang memikat hati. Ada istilah orang pintar, paranormal, indigo, suhu, dan gelar-gelar lain yang membuat banyak orang terjerat, padahal ancaman bagi dukun dan yang mendatanginya sangat besar. 
Rasulullah ﷺ bersabda: “Barangsiapa datang kepada dukun dan bertanya sesuatu, tidak akan diterima shalatnya selama empat puluh malam.” (HR. Muslim) 
Beliau juga bersabda: "Barangsiapa mendatangi dukun dan bertanya sesuatu kemudian membenarkan, dia telah mengkufuri apa yang diturunkan kepada Muhammad  ﷺ (HR. Abu Dawud)

6⃣BERKURBAN UNTUK SELAIN ALLAH TA’ALA.
Allah dan Rasul-Nya telah menginformasikan bahwa termasuk orang yang dilaknat adalah orang yang  melakukan sembelihan untuk selain Allah Ta’ala. 
“Rasulullah ﷺbersabda  tentang empat perkara :
"لعن الله من ذبح لغير الله، لعن الله من لعن والديه، لعن الله من آوى محدثا، لعن الله من غير منار الأرض"
          "Allah melaknat orang-orang yang menyembelih binatang bukan karena Allah, Allah melaknat orang-orang yang melaknat kedua orang tuanya, Allah melaknat orang-orang yang melindungi orang yang berbuat kejahatan, dan Allah melaknat orang-orang yang merubah tanda batas tanah”. (HR. Muslim)
Dan diantara praktek dan fenomena yang sering terjadi di sekitar kita adalah:
Larung (sedekah laut). Yaitu membersembahkan harta benda (baik berupa kepala Kerbau, makanan, atau buah-buahan), untuk dilarung di laut, sungai, gunung, maupun tempat-tempat yang yang dianggap mistis.
Di sebagian daerah ada sebuah tradisi penyembelihan ketika ada pernikahan. Kedua mempelai diperintahkan untuk menginjakkan kedua kaki mereka di darah sembelihan, atau kadang diganti dengan telur sebelum memasuki rumahnya.
Di sebagian daerah, ada anggapan jika hendak membuat suatu bangunan (baik itu berupa gedung, rumah, atau jembatan), agar kelak pembangunannya berjalan lancar dan dijauhkan dari musibah, maka perlu ditanam kepala Kerbau atau sesajen untuk dipersembahkan kepada danyang-dayang (Jin) yang mbau rekso tempat tersebut.
Memenuhi keinginan Jin yang merasuk ketubuh seseorang, ketika diruqyah, jin terkadang meminta disembelihkan hewan untuk dirinya. Jika hal tersebut terjadi, maka permintaan jin itu tidak boleh ditunaikan, karena perkara tersebut termasuk pengorbanan kepada Jin.

7⃣KESYIRIKAN
Di antara perbuatan syirik yang dianggap biasa, padahal hal ini merupakan dosa yang luar biasa adalah perbuatan-perbuatan sebagai berikut:
🔥Berdoa kepada penghuni kubur
🔥Nadzar untuk penghuni kubur
🔥Isti’anah, meminta tolong kepada penghuni kubur.
🔥Isti’adzah, meminta perlindungan kepada penghuni kubur.
🔥Istighatsah, meminta dihilangkan bencana kepada penghuni kubur.
👆🏻Ketahuilah, semua hal di atas adalah kemungkaran yang harus diingkari.
   Firman Allah Subhanahu wata’ala :
إن الله لا يغفر أن يشرك به ويغفر ما دون ذلك لمن يشاء 
“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa saja yang dikehendakiNya”. (QS. An Nisa’, 48)
     
8⃣NGALAP BERKAH
Sebagian orang mencari berkah kepada pohon, kuburan, lembah, laut.  Atau berlindung kepada benda-benda-benda pusaka (keris, akik, sabuk, rompi, dll) yang diyakini bahwa benda-benda tersebut ada Khodam atau jin yang bisa membantunya.
Kita juga tidak boleh bertabarruk (mencari berkah) dari diri seseorang, dengan tubuh atau sebagian tubuh seseorang tertentu, selain Rasulullah ﷺ. 
Hal ini berdasarkan beberapa alasan:
✍🏻Hal tersebut kekhususan bagi Rasulullah ﷺ
✍🏻Tidak ada seorang pun setelah Rasulullah ﷺ wafat yang meminta berkah dengan bagian tubuh Abu Bakr, Umar, Utsman, Ali bin Abi Thalib, dan sahabat lainnya. Seandainya hal tersebut dibolehkan, niscaya akan dilakukan oleh orang-orang dizaman mereka.
✍🏻Akan menyebabkan fitnah dan ujub (bangga diri) dari orang yang dimintai berkah. (Lihat Taisir
al-’Azizil Hamid , hlm. 144-145)

9⃣SIHIR
Sihir adalah satu amalan kufur yang harus dijauhi oleh seorang muslim. Seseorang yang belajar
dan mengajarkan sihir telah terjatuh kepada kekufuran (Al-Baqarah: 102)
Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu bahwa Rasulullah ﷺbersabda : “Jauhilah tujuh perkara yang membawa kehancuran !, para sahabat bertanya: “Apakah ketujuh perkara itu ya Rasulullah ?”, beliau menjawab :” yaitu syirik kepada Allah, sihir, membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali dengan sebab yang dibenarkan oleh agama, makan riba, makan harta anak yatim, membelot dari peperangan, menuduh zina terhadap wanita yang terjaga dirinya dari perbuatan dosa dan tidak memikirkan untuk melakukan dosa, dan beriman kepada Allah” (HR. Bukhori dan Muslim).
Diriwayatkan dari Jundub bahwa Rasulullah ﷺ bersabda dalam hadits marfu’ :
"حد الساحر ضربة بالسيف " رواه الترمذي،  وقال : الصحيح أنه موقوف.
          “Hukuman bagi tukang sihir adalah dipenggal lehernya dengan pedang” (HR. Imam Turmudzi, dan ia berkata : pendapat yang benar ini perkataan sahabat).
          
1⃣0⃣SEDEKAH BUMI
Sedekah bumi yaitu memberikan sesuguh/sesaji ketika hendak panen padi dan lainnya. Menurut mereka, sesaji itu dipersembahkan untuk Dewi Sri. Ini pun termasuk bentuk kesyirikan.

1⃣1⃣ SESAJEN
Yakni memberikan sesuguh / sesajen berupa makanan-makan tertentu (Semisal pisang raja, segelas kopi , rokok, menyan, dupa, aneka rupa bunga dsb), untuk dipersembahkan kepada para roh leluhur dan jin ketika hendak melaksanakan acara tertentu, yang biasanya berkaitan dengan kesenian daerah.

1⃣2⃣ Memberikan penghormatan dengan membungkuk.
Ketika kita berjumpa dengan seorang tokoh yang kita segani, lantas sebagai bentuk penghormatan kita  menyalami dengan cara membungkuk-bungkuk, maka hal tersebut tidak sepantasnya dilakukan oleh seorang Muslim. Hal ini sebagaimana dalam riwayat at-Tirmidzi dari Nabi  ﷺ, bahwa mereka  bertanya tentang seseorang yang berjumpa dengan temannya lalu membungkuk kepadanya. Beliau  ﷺberkata, “Tidak boleh.”
Juga karena ruku dan sujud tidak boleh dilakukan selain untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala , walaupun
hal ini menjadi bentuk penghormatan pada syariat sebelum kita, sebagaimana dalam kisah  Nabi Yusuf. 
Adapun dalam syariat kita, bersujud tidak diperbolehkan selain untuk Allah Subhanahu wa Ta’ala. (Lihat Majmu’ al-Fatawa , 1/259)

🤝🏻Saudaraku, semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala merahmati kita semua , apa yang kami sampaikan hanyalah sebagian amalan syirik yang ada di tengah-tengah masyarakat kita. Semuanya harus kita jauhi. Kita juga harus memperingatkan umat Islam untuk menjauhi amalan-amalan syirik.

Tagged as:
About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini

Kalender 2019

Kalender 2019
Perfect World Online Spear Thingy

Masehi HijriyahPerhitungan pada sistem konversi Masehi – Hijriah ini memungkinkan terjadi selisih H-1 atau H+1 dari tanggal seharusnya untuk tanggal Hijriyah

SELAMAT BERGABUNG DI MUSLIM CENTER SMKN 2 TEBING TINGGI.AYO SEGERA DAFTARKAN DIRI ANDA UNTUK MENGAJI, DIJAMIN LANGSUNG LANCAR MEMBACA AL QUR'AN AYO BACA CERITA MENARIK HANYA DI BLOG INI SETIAP HARI KAMIS DAN SABTU PUKUL 19.00 WIB .
Islam Ornamental Art 2
SELAMAT DATANG DI BLOG MUSLIM CENTER. SEMOGA BLOG INI BERMANFAAT UNTUK ANDA DAN DAPATKAN SELURUH INFORMASI DISINI
AYO LIKE AND SUBSCRIBE DAKWAH STOP MOTION,TAQWA MEDIA DAN MUSLIM CENTER SMK 2 DI YOUTUBE KESAYANGAN ANDA.

back to top